[:id]

Pelatihan KetrampilanSuro, 25/11/2015 Untuk meningkatkan pemberdayaan keluarga miskin, Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Dinsosnakertrans) Kabupaten Banyumas mengadakan kegiatan Pelatihan Ketrampilan Berusaha Bagi Keluarga Miskin bertempat di aula kantor Pemertintah Desa Suro selama 2 hari, Selasa 3 Nopember sampai dengan Rabu 4 Nopember 2015. Pelaksanaan kegiatan diikuti oleh 65 orang peserta yang  terdiri dari 35 orang dari Desa Suro Kecamatan Kalibagor dan 30 orang dari Desa Srowot.Kecamatan Kalibagor. Acara pembukaan oleh Gatot (Kepala bidang PSPK (Pemberdayaan Sosial Penanggulangan Kemiskinan) dari Dinsosnakertrans Kabubupaten Banyumas yang sekaligus mewakili Kepala Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Banyumas. Dan acara tersebut dihadiri oleh Camat Kalibagor, Kepala Desa Suro, Perangkat Desa Suro, Tokoh Masyarakat, dan peserta pelatihan yang semuanya adalah ibu-ibu serta para nara sumber.

pelatihan   Setelah acara pembukaan dilaksanakan kemudian dilanjutkan dengan pengisian materi. Materi pertama dari Dinsosnakertrans menyampaikan materi maksud dan tujuan kegiatan Pemberdayaan Masyarakat yang mengarah ke peningkatan kesejahteraan. Materi kedua dari Sudarso (Camat Kalibagor) menyampaikan pengarahan dengan pelatihan ini dapat diikuti dengan baik untuk meningkatkan ketrampilan yang pada akhirnya dapat untuk meningkatkan pendapatan keluarga. Materi ketiga dari Suwartono (praktisi usaha giat dari Desa Sokaraja Tengah Kecamatan Sokaraja) menyampaikan materi tentang kewirausahaan, pemasaran hasil serta memberikan jiwa wiraswasta dan materi terkhir disampaikan dari Puskesmas Kalibagor tentang keamanan pangan terkait dengan kebersihan yang higienis serta sertifikasi hasil olahan pangan.

pelatihann Pelaksanaan dii hari ke dua, Rabu, 4 Nopember 2015 diadakan praktek pembuatan makanan ringan yaitu Gropak  dengan bahan baku dari singkong. Kegiatan diawali degan pemberian teori dan dilanjutkan dengan praktek. Secara keseluruhan kegiatan praktek pembuatan gropak berjalan dengan baik dan lancar. Setelah praktek dilanjutkan dengan pembentukan kelompok-kelompok yang pada akhirnya masing-masing kelompok mendapatkan atau menerima bantuan dari Dinsosnakertrans Kabupaten Banyumas berupa seperangkat peralatan untuk membuat Gropak dan nantinya untuk dipraktekkan di kelompok masing-masing di Desa Suro maupun Srowot. Kegiatan ini berjalan sesuai dengan jadwal yang sudah ditentukan, dan semua peserta mengikuti kegiatan ini dengan semangat dan antusias yang tinggi.

[:]