[:id]

Suro, 15 November 2013. Curah hujan yang mengguyur Desa Suro menambah suburnya lahan pertanian di Desa Suro, disamping itu pula berpengaruh juga pada rusaknya jalan jalur utama di Desa Suro. Jalan yang diberi nama jalan siliwangi  yang meliputi 3 (tiga) Desa (Desa Kalibagor, Pajerukan, Suro) yang letaknya dari arah barat jalan raya Kalibagor – Banyumas menuju ke timur kurang lebih 3 km adalah  jalur utama menuju ke Desa suro dan jalan tersebut adalah milik Pemda Banyumas. Keadaan jalan tersebut untuk saat ini rusak parah, terutama di Desa Suro dan Pajerukan. Jalan Siliwangi yang berada di Desa Kalibagor masih lumayan baik karena sudah ada perbaikan pengaspalan jalan.

Rusaknya jalan tersebut disamping karena pengaruh curah hujan, juga karena untuk saat ini jalan tersebut sering dilewati truk-truk proyek yang mengangkut sirtu dari Galian C Sungai Serayu di Grumbul Tularan Desa Suro. Untuk mengantisipasi rusaknya jalan siliwangi yang semakin parah, Pemdes Suro bekerja sama dengan Pemdes Pajerukan, Muspika Kalibagor dan warga masyarakat Desa Suro dan Pajerukan bersama-sama mengadakan kegiatan Kerja Bakti Jumat Bersih. Lokasi kegiatan tersebut di Jalan Siliwangi komplek Tugu  Perbatasan Desa Suro – Pajerukan.

warga masyarakat Desa Suro dan Pajerukan sangat antusias dan semangat melaksanakan kegiatan tersebut, terlihat ibu-ibu juga tidak ketinggalan ikut melaksanakan kerja bakti.bersama-sama membersihkan tanah yang longsor masuk ke saluran air yang tersumbat dan menyebabkan jalan licin. Dan Pihak Pengelola Galian C sungai Serayu juga telah mengurug jalan yang berlobang.

Sarkam Adisiswanto, Sekretaris Desa Suro mengatakan kegiatan ini dilaksanakan setiap 3 tahun,dan sudah dilaksanakan dua (2) kali, di Jalan Siliwangi komplek tugu perbatasan Desa Suro-Pajerukan setiap musim hujan pasti becek karena saluran air tidak mengalir, selalu tertimbun tanah yang longsor, mungkin kalau di situ dibangun gorong-gorong atau jembatan kecil saluran air pasti mengalir dengan lancar. Harapan Kami dan Masyarakat mudah-mudahan Pemda banyumas segera melakukan Kelanjutan Pengaspalan Jalan di Jalan Siliwangi ini.

[:en]

kerjabhakti0Suro, 15 November 2013. Curah hujan yang mengguyur Desa Suro menambah suburnya lahan pertanian di Desa Suro, disamping itu pula berpengaruh juga pada rusaknya jalan jalur utama di Desa Suro. Jalan yang diberi nama jalan siliwangi  yang meliputi 3 (tiga) Desa (Desa Kalibagor, Pajerukan, Suro) yang letaknya dari arah barat jalan raya Kalibagor – Banyumas menuju ke timur kurang lebih 3 km adalah  jalur utama menuju ke Desa suro dan jalan tersebut adalah milik Pemda Banyumas. Keadaan jalan tersebut untuk saat ini rusak parah, terutama di Desa Suro dan Pajerukan. Dan untuk jalan Siliwangi yang berada di Desa Kalibagor masih lumayan baik karena sudah ada perbaikan pengaspalan jalan.kerjabhakti1Rusaknya jalan tersebut disamping karena pengaruh curah hujan, juga karena untuk saat ini jalan tersebut sering dilewati truk-truk proyek yang mengangkut sirtu dari Galian C Sungai Serayu di grumbul Tularan Desa Suro. kerjabhakti4Untuk mengantisipasi rusaknya jalan siliwangi yang semakin parah, Pemdes Suro bekerja sama dengan Pemdes Pajerukan, Muspika Kalibagor dan warga masyarakat Desa Suro dan Pajerukan bersama-sama mengadakan kegiatan Kerja Bhakti Jumat Bersih. Lokasi kegiatan tersebut di Jalan Siliwangi komplek Tugu  Perbatasan Desa Suro – Pajerukan.kerjabhakti2warga masyarakat Desa Suro dan Pajerukan sangat antusias dan semangat melaksanakan kegiatan tersebut, terlihat ibu-ibu juga tidak ketinggalan ikut melaksanakan kerja baktikartini.bersama-sama membersihkan tanah yang longsor masuk ke saluran air yang tersumbat dan menyebabkan jalan licin. Dan Pihak Pengelola Galian C sungai Serayu juga telah mengurug jalan yang berlobang.Sarkam Adisiswanto (Sekretaris Desa Suro) mengatakan : kegiatan ini dilaksanakan setiap 3 tahun,dan sudah dilaksanakan 2 kali, di Jalan Siliwangi komplek tugu perbatasan Desa Suro – Pajerukan setiap musim hujan pasti becek karena saluran air tidak mengalir,selalu tertimbun tanah yang longsor, mungkin kalau di situ dibangun gorong-gorong atau jembatan kecil saluran air pasti mengalir dengan lancar. Harapan Kami dan Masyarakat mudah-mudahan Pemda banyumas segera melakukan Kelanjutan Pengaspalan Jalan di Jalan Siliwangi ini.

[:]